Pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan Tema Kearifan Lokal

By Administrator 15 Mar 2023, 12:51:53 WIB Hiburan
Pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan Tema Kearifan Lokal

Gambar : Siswa menampilkan seni Profil pelajar Pancasila


Pada tahun pelajaran 2022/2023, SMP Negeri 9 Batam baru saja menerapkan Implementasi Kurikulum Merdeka. Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan salah satu program kegiatan yang termasuk dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Melalui kegiatan P5, diharapkan peserta didik mendapatkan pembimbingan penguatan profil pelajar pancasila yaitu: 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, 2) berkebinekaan global, 3) bergotong royong, 4) mandiri, 5) bernalar kritis, dan 6) kreatif. Sasaran utama dalam kegiatan ini adalah seluruh peserta didik kelas VII dan kelas VIII dengan masing-masing kelas dibimbing oleh wali kelas selaku koordinator proyek dan guru fasilitator.

Sesuai dengan struktur kurikulum merdeka, peserta didik di Fase D (KSMP) diwajibkan untuk melaksanakan kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan memilih 3 tema utama dalam 1 tahun. Untuk semester genap TP. 2022/2023 ini, tema yang dipilih adalah tentang Kearifan Lokal dengan mengangkat judul “Pelestarian budaya melayu”. Tema dan judul ini dipilih dengan alasan untuk membangkitkan semangat belajar budaya daerah yang memudar, dengan Motto : Takkan Melayu Hilamh di Bumi, SMPN 9 Batam Berkolaborasi Melayu Lestari.

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dilaksanakan selama tiga pekan dimulai tanggal 20 Februari 2023 dan berakhir pada tanggal 11 Maret 2023. Di pekan pertama Peserta didik diberikan informasi awal tentang Kearifan Lokal oleh guru fasilitator di kelas masing-masing. Kemudian peserta didik diminta untuk mengeksplorasi tentang kearifan lokal yang ada di Kota Batam. Di akhir pekan peserta didik menggali informasi ke berbagai sumber baik melalui internet ataupun datang langsung ke lokasi pembuatan Batik. 

Pada pekan kedua, peserta didik didampingi guru fasilitator menyusun hasil eksplorasi informasinya menjadi sebuah karya tulis sekaligus memperagakannya untuk kegiatan gelar karya. Sekolah juga menghadirkan narasumber berpengalaman untuk proses pembuatan Tanjak hingga meghasilkan produk tanjak yang dipamerkan pada perayaan hasil belajar.

Pada pekan ketiga, sebagai puncak kegiatan P5 peserta didik men-setting kelasnya masing-masing untuk kegiatan gelar karya yang dilaksanakan pada tanggal 11 Maret 2023. Kegiatan ditutup dengan refleksi dan evaluasi oleh peserta didik dan guru pembimbing sebagai bahan perbaikan untuk kegiatan P5 berikutnya.

Berikut poto-poto kegiatan selama kegiatan projek berlangsung.

 




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment